Kamis, 20 Desember 2012

Cara Jitu Menghadapi UAS



Setiap mahasiswa memiliki cara unik dalam belajar dan mempersiapkan diri jelang Ujian Akhir Semester (UAS) maupun Ujian Tengah Semester (UTS). Tetapi, beberapa metode lebih efisien dibandingkan yang lain.

Berikut beberapa cara bagi para mahasiswa untuk menyiapkan diri menjelang UTS maupun UAS, seperti dinukil dari Campus Groto, Kamis (20/12/2012).

Tetapkan Prioritas
Buatlah daftar waktu untuk belajar dan menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan maupun di luar perkuliahan berdasarkan waktu dan kepentingan. Tanpa agenda yang terencana, maka Anda akan mudah terjadi kesalahan dalam mengelola waktu. Bagilah waktu Anda berdasarkan skala prioritas yang sudah ditetapkan.

Jangan Tertinggal Terlalu Jauh
Semakin jauh Anda tertinggal atas materi pada suatu mata kuliah, maka semakin banyak ketertinggalan yang harus dikejar. Oleh karena itu, manfaatkan waktu sebaik-baiknya ketika berada di kelas dan mengikuti perkuliahan. Dengan memperhatikan penjelasan dosen atas materi tersebut, maka ketika mendekati ujian, Anda tidak perlu berusaha keras untuk mengulangnya. Anda cukup membaca sesekali untuk mengingat kembali serta berkonsenterasi di materi lainnya.

Lingkungan Belajar
Mungkin bagi sebagian orang, suasana akademis yang ada di kampus dapat mendukung kualitas belajar dengan lebih baik dibandingkan di rumah. Abaikan semua gangguan ketika tengah melakukan brainstorming untuk membantu menjaga pikiran Anda tetap fokus.

Waktu Belajar
Siapkan waktu untuk belajar secara intensif dan lakukan sesuai rencana yang telah ditetapkan. Belajarlah di waktu yang memang sesuai dengan kemampuan Anda. Beberapa orang memang memiliki lebih banyak energi di siang hari, sementara yang lain memiliki efisiensi yang lebih tinggi ketika tengah malam.

Bertanya pada Dosen
Ketika ada materi perkuliahan yang belum jelas, dosen menjadi tempat yang tepat untuk bertanya. Jangan merasa segan untuk bertanya karena dosen akan dengan terbuka menerima kehadiran mahasiswa yang ingin mendapat penjelasan lebih rinci atas materi yang kurang dipahami

0 komentar:

Posting Komentar