Kamis, 03 Januari 2013

Manusia Purba Sudah Mengenal Jaket Kulit?


BEIJING, - Apakah manusia purba sudah mengenal jaket kulit? Mungkin ini pertanyaan gila. Tapi, penelitian arkeologis terbaru memberi petunjuk bahwa mereka sudah mengenal pakaian berbahan kulit.

Ilmuwan meneliti situs gua Zhoukoudian, tempat manusia purba jenis Homo erectus hidup sekitar 200.000 - 750.000 tahun yang lalu. Manusia yang hidup di wilayah itu sering disebut Manusia Peking, pertama kali ditemukan tahun 1923.

Pada 15 Desember 2012 lalu, tim peneliti memaparkan hasil risetnya di Royal Ontario Museum di Toronto. Ilmuwan yang terlibat antara lain Xing Gao, Yue Zhang dan Shuangquan Zhang dari Chinese Academy of Sciences serta Chen Sen, kurator museum Toronto.

Salah satu analisis mengungkap, Manusia peking ternyata memiliki ketertarikan pada kulit hewan. Mereka memiliki perilaku melubangi dan menatah kulit. Ilmuwan belum mengetahui tujuan perilaku tersebut.

"Beberapa proporsi tertentu peralatan digunakan untuk mengerjakan dan menatap kulit binatang. Jika mereka memipihkan kulit, melembutkannya, maka mereka bisa menggunakannya sebagai pakaian," papar Shen seperti dikutip Livescience, Senin (31/12/2012).

Shen juga mengungkapkan bahwa peneliti menemukan penggunaan batu dan batang tertentu untuk menciptakan tombak. Ini adalah kemajuan karena manusia purba ternyata mampu menciptakan alat dari bahan berbeda. Alat mungkin tak digunakan untuk menombak, tapi untuk menatah.

Temuan lain adalah adanya "lantai aktivitas". Tempat ini menjadi semcam ruang keluarga bagi manusia purba, dilengkapi dengan perapian. Penemuannya menunjukkan bahwa manusia purba sudah mampu mengendalikan api.
========================
baca juga artikel menarik berikut

0 komentar:

Posting Komentar