Jumat, 28 Desember 2012

Malam Ini, Puncak Bulan Purnama Terakhir di 2012


CALIFORNIA - Pada 28 Desember 2012, puncak bulan purnama terakhir di 2012 akan menghiasi langit malam. Disebut juga sebagai bulan Oak, bulan ini akan menampakkan dirinya lebih cerah dari biasanya.

Dilansir Softpedia, Jumat (28/12/2012), malam ini, tepat pukul 5:21 a.m. Eastern Standard Time (EST), penduduk Bumi bisa menyaksikan fenomna bulan penuh atau bulan purnama terakhir di tahun ini. Kabarnya, bulan ini biasanya muncul pada pertengahan musim dingin.

Ilmuwan menjelaskan, bulan purnama hadir sebagai hasil dari posisi tertentu pada matahari, bumi dan bulan. Fenomena ini melibatkan cahaya matahari yang menyinari sisi bulan, yang juga tengah menghadap ke bumi.

Sehingga, imbas dari cahaya matahari tersebut membuat bulan tampak cerah seutuhnya. Bulan purnama bukanlah peristiwa yang berlangsung lama.

Bulan purnama dapat Anda saksikan melalui indera penglihatan secara langsung. Ilmuwan mengatakan, mata telanjang tidak akan dapat membedakan apakah bulan tersebut tampak sedikit lebih besar atau sebaliknya.

Oleh karena itu, untuk dapat mengetahuinya, Anda bisa mengamati penampakkan bulan purnama selama beberapa hari. Menggunakan teleskop juga dapat membantu untuk mengamati keindahan bulan purnama dengan lebih jelas.

Menyaksikan bulan purnama juga bergantung dari kondisi cuaca di wilayah tertentu. Bila cuaca mendukung, maka bulan purnama akan dapat terlihat.

Bulan purnama akhir tahun, selain disebut bulan Oak, juga disebut bulan beku, bulan musim dingin. Selain itu, bulan purnama yang muncul di Desember ini juga disebut bulan malam panjang serta margashirsha poornima (dalam bahasa India).
==========================
baca juga tentang

0 komentar:

Posting Komentar