Minggu, 20 Januari 2013

Mars Simpan Kandungan Air Bawah Tanah

CALIFORNIA - Ilmuwan NASA baru-baru ini mengumumkan bukti baru mengenai Mars yang pernah menyimpan air bawah tanah. Bukti baru tersebut memberikan wawasan baru terkait evolusi awal planet merah tersebut di masa lampau.

Dilansir Examiner, Senin (21/1/2013), bukti bahwa planet ini pernah memiliki air di bawah tanah juga semakin menambah rumit gambaran mengenai evolusi Mars. Temuan yang dipublikasikan di Nature Geoscience ini melibatkan analisis data spectrometer dari Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) NASA.

Temuan kawah Mars yang berdiameter 57 mil dan kedelaman 1,4 mil telah ditemukan dan menunjukkan lapisan, batu datar di bagian bawah. Selain itu, ilmuwan juga menemukan kandungan karbonat serta mineral lempung yang hanya terbentuk oleh hadirnya air di planet tersebut.
--------------------------------------------------------------------------
Jangan lewat kan 
----------------------------------------------------------------------------Ilmuwan mengatakan, kawah Mars tidak memiliki saluran air yang besar dan saluran kecil dalam dinding kawah. Area bernama McLaughlin Crater ini berada di ujung rendah dari lereng yang memiliki ukuran panjang beberapa ratus mil di sisi barat Arabia Terra, Mars.

Di Bumi, danau bawah air diperkirakan terjadi pada dataran rendah. Situs Mars tersebut kemungkinan serupa dengan proses yang terjadi di Bumi.

"Laporan baru ini melanjutkan temuan Mars dengan lebih rumit ketimbang bukti temuan sebelumnya. Temuan baru ini menunjukkan sedikitnya beberapa area planet mengungkap tanda dari kehidupan kuno dibandingkan area Mars lainnya," kata ilmuwan NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL), Rich Zurek.

0 komentar:

Posting Komentar