Sabtu, 22 Desember 2012

Arsenal Amankan 3 Poin di Kandang Wigan

Mikel Arteta kembali menjadi pahlawan Arsenal setelah gol penaltinya memastikan The Gunners meraih kemenangan 1-0 atas Wigan Athletic dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion DW, Sabtu (22/12) malam WIB.

Dalam pertandingan ini, manajer Arsene Wenger tidak mengubah komposisi pemain, dan tetap menurunkan tim yang mengalahkan Reading 5-2 pada pertengahan pekan. Wenger menempatkan Theo Walcott di barisan depan, sedangkan Olivier Giroud tak masuk ke dalam skuat.

Di lain sisi, Wigan dihadapi masalah cedera pemain. James McCarthy masuk ke dalam starting line-up setelah pulih dari cedera engkel. Sementara kapten tim Gary Caldewell harus memulainya dari bangku cadangan, mengingat ia belum pulih dari cedera hamstring.

Arsenal bermain agresif untuk mendapatkan kemenangan menjelang boxing day. Wigan sempat memberikan perlawanan, namun tidak berdaya menghadapi serangan Arsenal, dan pelanggaran di babak kedua memberikan tim tamu sebuah hadiah penalti.

Babak pertama

Kendati bertindak sebagai tim tamu, Arsenal lebih dulu mengambil inisiatif menyerang sejak pluit kick-off ditiupkan wasit. Laga memasuki menit kesembilan, Arsneal mendapatkan peluang untuk unggul lebih duku. Namun tendangan Alex Oxlade-Chamberlain masih bisa ditepis kiper Ali Al Habsi.

Arouna Kone sempat menghadirkan ancaman, tapi tendangannya masih terlalu pelan, sehingga dapat diamankan kiper Wojciech Szczesny. Arsenal membalasnya melalui Lukas Podolski, namun melambung di atas mistar gawang.

Tuan rumah hampir saja membuka keunggulan di menit ke-24. Kone menjadi ancaman serius bagi pertahanan Arsenal. Walau hanya berhadapan dengan Szczesny, Kone gagal menjebol gawang Arsenal, karena tendangannya melebar.

Wigan mencoba melakukan tekanan ke pertahanan Arsenal, tapi penyelesaian akhir yang buruk membuat suporter mereka harus bersabar menunggu datangnya gol. Selepas setengah jam, Arsenal mulai mendominasi permainan.

Walau menguasai permainan, Arsenal mengalami kesulitan untuk menembus pertahanan Wigan yang cukup solid. Tendangan yang dilepaskan sejumlah pemain The Gunners kerap membentur rapatnya barisan belakang Wigan. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga babak pertama usai.

Babak kedua

Seperti halnya di babak pertama, Arsenal tidak mengendurkan serangan mereka ke pertahanan Wigan sepanjang paruh kedua. Sedangkan tuan rumah sempat mengalami kendala untuk mengembangkan permainan.

Oxlade-Chamberlain kembali merangsek masuk ke pertahanan Wigan yang dilanjutkan dengan umpan silang ke dalam kotak penalti. Walcott melepaskan tendangan, tapi dapat ditutup James McCarthy.

Pada menit ke-48, Oxlade-Chamberlain lagi-lagi menghadirkan ancaman. Setelah mampu menembus pertahanan Wigan, Oxlade-Chamberlain melepaskan umpan kepada Walcott. Kali ini kiper Al Habsi yang menggagalkan upaya Walcott.

Publik tuan rumah terbungkam setelah Mikel Arteta membawa Arsenal unggul lebih dulu ketika laga berjalan satu jam melalui eksekusi penalti. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran Jean Beausejour terhadap Walcott.

Tertinggal satu gol, Wigan meningkatkan tempo permainan mereka. Berturut-turut peluang diperoleh tuan rumah. Setelah tendangan Maynor Figueroa diamankan Szczesny di menit ke-70, kiper Arsenal ini menepis tendangan Kone selang satu menit kemudian.

Di waktu tersisa, Wigan masih berupaya menyamakan kedudukan. Sedangkan Arsenal yang berusaha mengamankan menurunkan tempo permainan. Skor 1-0 ini pun akhirnya bertahan hingga pluit panjang ditiupkan wasit.

Berikut komposisi kedua tim:
Wigan: Al Habsi; Boyce, Jones, Figueroa; McArthur, Stam, McCarthy, Beausejour; Maloney, Di Santo (McManaman (76'), Kone.
Cadangan: Pollitt, Caldwell, Gomez, McManaman, Boselli, Fyvie, Golobart.

Arsenal: Szczesny; Sagna, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs; Arteta, Wilshere, Cazorla (Koscielny 90'); Oxlade-Chamberlain (Ramsey 75'), Walcott, Podolski (Coquelin 79').
Cadangan: Mannone, Jenkinson, Koscielny, Coquelin, Ramsey, Arshavin, Gervinho.

0 komentar:

Posting Komentar