Minggu, 16 Desember 2012

Barcelona Hancurkan Atletico Madrid

Lionel Messi - FC Barcelona v Atletico Madrid
Barcelona memperkokoh posisinya di puncak klasemen La Liga Spanyol setelah mengalahkan Atletico Madrid 4-1 di Camp Nou, Senin (17/12) dini hari WIB.

Dalam pertandingan ini, Barca sebenarnya sempat tertinggal lebih awal lewat gol yang dicetak oleh striker Atletico Radamel Falcao. Namun soliditas permainan yang dimiliki Barca akhirnya mampu membalikkan situasi.

Dari empat gol yang didapat Barca dalam laga kali ini, Lionel Messi menyumbangkan dua gol. Sedangkan gol tambahan lainnya disumbang oleh Adriano dan Sergio Busquets.

Babak Pertama

Tampil dengan kekuatan penuh, Barca langsung memperlihatkan permainan agresifnya sejak awal. Sebaliknya Atletico tak mau juga menjadi bulan-bulanan serangan pemain tuan rumah.

Di menit kesembilan, Atletico memperoleh sebuah peluang berharga. Peluang itu didapat lewat tandukan kepala dari Falcao. Sayang, bola hasil dari Diego Costa itu hanya membentur mistar gawang Barca yang dikawal Victor Valdes. Selamatlah gawang Barca.

Hingga memasuki paruh babak, Barca masih terlihat mendominasi permainan. Namun usaha para pemain Katalan untuk membongkar pertahanan yang berlapis dari lawan selalu saja menemui kegagalan.

Sementara di menit ke-24, Falcao kembali menebarkan ancamannya ke gawang Barca. Setelah terlepas dari jebakan offside, Falcao kemudian berhadap-hadapan dengan Valdes. Tapi sekali lagi, dewi fortuna rupanya masih cukup berpihak kepada Barca karena bola dilepaskan Falcao belum juga menemukan sasaran terbaiknya.

Falcao baru bisa menuntaskan ancamannya setelah laga memasuki menit ke-31. Sebuah umpan dari Costa disambut dengan baik oleh Falcao. Pique yang coba menghadang Falcao gagal menjalankan tugasnya dan tanpa mengalami kesulitan lagi bola kemudian diarahkan ke gawang Barca. Falcao gembira karena bola yang diarahkannya benar-benar membuahkan hasil. Atletico pun unggul 1-0.

Gol tersebut begitu menyengat pemain Barca. Hanya berselang lima menit, Adriano berhasil membalas. Lepas dari kawalan pemain belakang Atletico, Adriano kemudian melepaskan tendangan keras dari pinggir kotak penalti. Gol tersebut membuat suasana di stadion Camp Nou kembali bergumuruh.

Sebelum laga babak pertama ini usai, Barca rupanya berhasil memperoleh tambahan satu gol yang sangat berarti. Gol di injury time tersebut disumbangkan oleh Sergio Busquets.

Babak Kedua

Memasuki awal babak, pelatih Atletico Diego Simeone melakukan sedikit perubahan. Filipe Luis  ditarik keluar dan digantikan oleh Cata Díaz. Walau berupaya memperkuat lini pertahanan namun Atletico tetap saja mengalami banyak kesulitan di babak ini.

Barca justru tampil kian agresif. Keunggulan yang telah dikantungi dari babak sebelumnya semakin memberikan keleluasaan bagi tim tuan rumah untuk terus menggedor pertahanan lawan.

Setelah sempat beberapa kali mengalami kegagalan untuk memperbesar keunggulan, Lionel Messi akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan yang terjadi di babak ini. Kerjasamanya dengan Alexis Sanchez berbuah gol bagi Barca di menit ke-57.

Atletico sebenarnya berupaya untuk membalas defisit yang telah dialaminya. Selang semenit Messi mencetak gol, Falcao sebenarnya sempat memperoleh sebuah kesempatan.

Memasuki sepuluh menit terakhir, intensitas serangan yang dilakukan kedua tim semakin meningkat. Di menit ke-80, Iniesta memperoleh peluang. Tapi kesempatan itu masih terbuang karena tendangannya masih dengan mudah diblok oleh kiper Atletico.

Lalu lima menit berselang, Juanfran mencoba menghidupkan peluang Atletico. Sama seperti yang sudah-sudah, kesempatan itupun tak berujung pada hasil yang sempurna.

Sebaliknya di dua menit terakhir waktu normal, Messi kembali lagi memaksa kiper Atletico untuk memungut bola dari dalam gawangnya. Tambahan gol ini semakin mengukuhkan Messi tetap menjadi sebagai pemain paling subur di kompetisi La Liga.



lihat videonya disini




Susunan Pemain

BARCELONA (4-3-3) Valdés; Adriano, Piqué, Puyol, Jordi Alba; Busquets, Xavi, Iniesta,; Pedro, Alexis and Messi

ATLETICO (4-2-3-1) Courtois; Juanfran, Miranda, Godín, Filipe; Mario, Gabi, Koke, Arda, Costa and Falcao.

0 komentar:

Posting Komentar