Senin, 31 Desember 2012

"2013, Palestina Merdeka"


RAMALLAH - Presiden Palestina Mahmoud Abbas berjanji, pada 2013 ini, Palestina akan segera menjadi negara yang merdeka. Abbas pun menyalakan obor untuk memperingati Peringatan 48 Tahun Fatah.

"Kami sudah punya akte kelahiran dan kami akan menyempurnakannya menjadi negara merdeka. Tahun 2013, akan menjadi tahun kemerdekaan," ujar Abbas, seperti dikutip The Nation, Selasa (1/1/2013).

Meski status Palestina sudah diperbaharui menjadi negara peninjau non-anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Palestina masih berada di bawah pendudukan Israel. Negeri Yahudi itu menguasai Tepi Barat dan memberlakukan aturan ketat terhadap gerak-gerik warga Palestina.

Blokade Gaza juga terbukti menyulitkan perekonomian Palestina dan pendapatan pajak Palestina turut dikendalikan Israel. Dialog damai antara Palestina dan Israel berlangsung pada September 2010 namun dialog itu sama sekali tidak membuahkan hasil.

Israel tetap membangun pemukiman-pemukiman di wilayah yang nantinya akan menjadi wilayah Palestina. Tindakan Palestina di PBB turut mendapat kecaman dari Israel dan juga Amerika Serikat (AS).

Tepat pada hari ini, Fatah juga menggelar peringatan HUT di Jalur Gaza yang dikuasai oleh Hamas. Peringatan HUT Fatah juga dilaksanakan sekaligus dengan peringatan operasi perlawanan terhadap Israel yang terjadi pada 1 Januari 1965 silam
==================================
Baca juga artikel menarik berikut

0 komentar:

Posting Komentar